Warga pelanggar diberi sanksi membawa tulisan ‘Saya pelanggar aturan protokol kesehatan tidak memakai masker’

PAMOTAN – Operasi pemakaian masker yang gencar dilakukan tim satgas pencegahan Covid 19 Kecamatan Pamotan selama sepekan ini menuai hasilnya. Kesadaran warga akan pemakaian masker sesuai protocol kesehatan mulai meningkat. Peningkatan kesadaran warga setelah tim melakukan operasi masker dipasar Pamotan, Pasar hewan maupun fasilitas umum selama sepekan ini.

Kapolsek Pamotan Iptu AL. Sutikna selaku anggota tim  satgas pecegahan Covid 19 menyampaikan, dari sejak pertama mengadakan kegiatan pendisiplinan pemakaian masker hingga sepekan ini (15/09) para pengunjung baik dipasar hewan maupun pasar Desa Pamotan sudah banyak yang menggunakan masker.

“Alhamdulillah sebagian besar warga baik pedagang maupun pembeli sudah memakai masker, namun ada sebagian kecil yang memang belum mematuhi protokol kesehatan, nah itu kita beri tindakan sanksi sesuai dengan Perbup No.34 tahun 2020, diantaranya menyanyikan lagu kebangsaan, mengucapkan Pancasila, dan push up.” Jelas Sutikna

Untuk membuat jera bagi pelanggar protokol kesehatan Tim satgas memberi sanksi kepada warga dengan membawa tulisan “ Saya pelanggar aturan Protokol Kesehatan tidak memakai masker” Terangnya

Sutikna berharap warga masyarakat khususnya wilayah Kecamatan Pamotan bisa menerapkan 4M diantaranya memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir.

Sementara Koramil Pamotan Kapten INF Rasiyono melalui Peltu M. Aminin memprediksi, sekitar  85% lebih tingkat kepatuhan pengunjung pasar memakai masker sudah meningkat dibandingkan hari pertama digelar penertiban masker. Pada hari pertama operasi banyak sekali yang tidak mematuhi protocol kesehatan utamanya sopir.

“Dari sekitar 15% yang tidak memakai masker mayoritas pengendara/sopir yang merasa dirinya aman diruangan tertutup.” Terang Aminin

Aminin berharap kedepannya warga tidak perlu dihimbau/diingatkan lagi untuk menggunakan masker, sosialisasi melalui edukasi kepada warga diharapkan kesadaran untuk mematuhi protocol kesehatan bisa meningkat, memakai masker dengan stay safe bukan takut dengan teguran petugas.  (Ika/Fan/Dian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *